Iklan

Stop Rokok Ilegal, Pemerintah dan Beacukai Serta APh Jangan Tutup Mata

Sabtu, 25 Maret 2023, Maret 25, 2023 WIB Last Updated 2023-03-25T12:39:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Sampang,HarianWAWASAN-Beragam upaya gempur rokok ilegal di provinsi Jatim, khususnya Kab Sampang nyatanya sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Apalagi, kandungan dalam rokok ilegal dinilai tidak ada standarisasinya.


Salah satu warga masyarakat Inisial M menjelaskan, ribuan bahkan jutaan batang rokok ilegal itu termasuk angka yang luar biasa di wilayah Kabupaten sampang.sangat perlu digempur peredaran rokok ilegal tersebut,ini semata-mata untuk melindungi kesehatan masyarakat.


“Dalam rokok ilegal yang saya ketahui semuanya tidak ada standarisasinya.tidak berpita cukai, komposisi tar nikotinnya semrawut. Tentu, rokok ilegal sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Efeknya bisa muncul penyakit paru-paru, stroke, dan sebagainya,” bebernya kepada media ini.


Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai Jatim Wilayah II Jawa Timur. Oentarto Wibowo menyatakan, kerugian negara dari rokok ilegal memang tidak terlalu tinggi kisaran Rp 1 hingga Rp 2 miliar. Akan tetapi, dampak negatif rokok ilegal itu jauh lebih besar bagi kesehatan.


“Kalau rokok asli itu kan ada kandungan nikotin dan tar-nya kan diperiksa oleh Badan POM. Kalau rokok ilegal komposisinya apa saja itu tidak jelas,” ungkapnya.


Oentarto menyebut, harga rokok ilegal ini dinilai lebih murah sehingga bahaya jika pembelinya dari kalangan pelajar. “Bukan hanya risiko kesehatan saja, tapi ada pula dampak ekonominya karena tidak membayar pajak dan cukai maka kasihan yang sudah taat membayar,” jelasnya. Maka dari itu, yang dapat dikendalikan adalah dua hal. Yakni, permintaan pembeli dan suplainya.


“Jadi, bagi orang yang membutuhkan rokok ilegal itu harus dicegah dengan cara edukasi. Sedangkan, para suplainya juga harus diberikan peraturan yang jelas agar beralih ke legal,” paparnya. 


Selain dampak dari mengkonsumsi rokok ilegal tersebut,juga dampak pencemaran udara akibat bau tak sedap menyengat dari gudang pembuatan rokok ilegal tersebut dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Tambah warga Inisial H.M yang kebetulan dekat dengan salah satu gudang pembuatan rokok yang diduga ilegal. 


" Yang kami rasakan ketika gudang tersebut memproduksi Rokok, Bau menyengat, Ketika terhirup sesak nafas,bau itu Kayaknya dari Saos Pelengkap Rokok digudang tersebut mas. "Tambah H.M.(Tim/Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini