Iklan

P5 "BATIK RAYA": Membangun Kesadaran Bhineka Tunggal Ika melalui Ragam Budaya di SMP Negeri 8 Salatiga

Kamis, 30 Mei 2024, Mei 30, 2024 WIB Last Updated 2024-05-30T13:41:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Siti Umi Fitriyah, S.Pd., M.Si., selaku penanggung jawab teknis P5 dan waka kurikulum SMP Negeri 8 Salatiga

SALATIGA|HarianWAWASAN.com-Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "BATIK RAYA" telah sukses dilaksanakan di SMP Negeri 8 Salatiga, menandai perayaan HUT Ke-33 sekolah tersebut. Acara Panen Raya hasil belajar P5 tentang Bhineka Tunggal Ika dengan tema ragam budaya digelar pada Rabu-Kamis (29-30 Mei 2024) dengan meriah.


Siti Umi Fitriyah, S.Pd., M.Si., selaku penanggung jawab teknis P5 dan waka kurikulum SMP Negeri 8 Salatiga, menjelaskan bahwa P5 kali ini melibatkan siswa secara penuh dalam pemilihan topik yang relevan dengan kebutuhan belajar mereka. Mulai dari pemilihan makanan, tarian, pakaian, dan aktivitas lainnya, siswa terlibat aktif dalam setiap aspek P5.


Tim P5 menyajikan rangkaian kegiatan harian yang mencakup pembelajaran materi P5, menonton film berkaitan dengan Bhineka Tunggal Ika, mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan berlatih keterampilan tarian serta soft skill lainnya. Dari tanggal 26 April hingga 29 Mei 2024, berbagai kegiatan tersebut berhasil membangun karakter Bhineka Tunggal Ika di antara siswa, termasuk toleransi, cinta terhadap keragaman, dan penghargaan terhadap budaya Indonesia.


Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Salatiga, Yohana Natallina Sari, S.Sn, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap keberhasilan P5 "BATIK RAYA" ini. 


Beliau menekankan pentingnya menjaga keragaman dan menghormati budaya di mana pun siswa berada. 


Lebih dari itu, Yohana menegaskan bahwa proses P5 untuk membentuk karakter Bhineka Tunggal Ika dan hasil akhir berupa kreasi ragam budaya memiliki nilai yang jauh lebih penting daripada sekadar produk yang dipamerkan.(Angga) 

Komentar

Tampilkan

Terkini