Iklan

Dua Tahun Vakum, Tradisi Kunjungan Tahun Barunan di Dusun Tugu Pada Awal 2023 Meriah

Redaksi
Minggu, 01 Januari 2023, Januari 01, 2023 WIB Last Updated 2023-01-01T18:10:24Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 




Laporan: W Widodo 


 SALATIGA, HarianWawasan.com - Setelah 2 tahun vakum akibat pandemi, kegiatan kunjungan tahun barunan di dusun Tugu desa Bener Kecamatan Tengaran kabupaten Semarang meriah. 


Hal ini terjadi setelah 2 tahun sebelumnya kegiatan saling mengunjungi dan merayakan tahun baru yang diadakan setiap tanggal 1 ditiadakan.


Namun hal ini tidak berlaku pada 1 Januari 2023, dimana nampak ribuan Warga memadati dusun yang terkenal dengan nama "Kampung Kristenan" tersebut.


 Pantauan wartawan tamu dan family dari wilayah kabupaten Semarang Salatiga dan sekitarnya tampak bersilaturahmi ke wilayah dusun Tugu.


 kepada wartawan kadus Tugu Sri Nanda Yudi Himawan mengatakan kegiatan ini sudah ada sejak turun temurun, bahkan kegiatan pada tanggal 1 Januari ini selalu dinantikan berbagai kalangan termasuk anak kecil yang mengadakan kunjungan dari rumah ke rumah, "seperti trend Idul Fitri pada umat muslim, setiap tanggal 1 didusun kami juga mengadakan acara, awalnya dulu hanya beberapa rumah saja yang mengadakan kunjungan namun lama kelamaan warga di satu Dusun tersebut mengadakan tradisi saling kunjung mengunjungi, bahkan warga dari luar daerah" ucap Kadus Nanda.


 Acara saling mengunjungi di tahun baru ini menjadikan tradisi tersendiri, banyak pihak menilai hal ini merupakan kegiatan positif karena bisa menambah silaturahmi.


Bagi Muhtadi, warga RT 5 RW 4 perumahan Taman Manunggal Asri, Dusun Tugu Bener mengaku tradisi saling mengunjungi di awal tahun baru hendaknya bisa dipertahankan. Ia bahkan sengaja menyempatkan diri berkeliling dusun bersama warga lain didampingi ketua RT "ini merupakan kegiatan positif bisa mengembangkan silaturahmi bahkan warga dari luar daerah pun sengaja menyempatkan diri untuk saling mengunjungi, diharapkan tidak akan luntur ditelan zaman" ungkap Cimeng panggilan akrab Muhtadi. 


Pantauan wartawan kegiatan tanggal 1 januari tersebut berlangsung mulai pagi hingga malam hari, sedangkan biasanya di tanggal 2 januari kegiatan keliling dilakukan justru oleh warga Dusun Tugu, karena pada satu hari sebelumnya mereka tidak bisa berkeliling akibat banyaknya tamu yang datang ke wilayah dusun Tugu. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini